Wednesday, February 15, 2012

10 Hotel Indonesia Menang Green Award ASEAN

ASEAN Green Hotel Recognition Award adalah sebuah upacara penganugerahan yang diberikan pada hotel-hotel negara anggota ASEAN yang memiliki prinsip ramah lingkungan. Anugerah ini diberikan di sela acara ASEAN Tourism Forum 2012 di Grand Kawanua Convention Center, Manado, Rabu (11/1/2012).

Penghargaan ini diberikan Menparekraf Mari Elka Pangestu yang hadir bersama menteri-menteri pariwisata se-ASEAN.


"ASEAN Green Hotel Award diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Manado, menjadi tuan rumah ke-3 setelah di Thailand tahun 2008 dan Brunei darussalam tahun 2010," kata Mari.


Hotel-hotel Indonesia yang menerima penghargaan adalah:


1. Matahari Beach Resort & Spa, Bali
www.blogbelajarpintar.blogspot.com

2. Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali
www.blogbelajarpintar.blogspot.com

3. Holiday Inn Resort, Batam

4. Hotel Angsana, Bintan

5. Hotel Melia Benoa, Bali

6. Losari Spa Retreat & Coffee Plantation

7. The St Regis Bali Resort

8. Melia Bali Villa & Spa Resort

9. The Dharmawangsa Jakarta

10. Hotel Gran Melia Jakarta


ASEAN Greean Hotel Award adalah gagasan dalam ASEAN Green Hotel Standard yang telah dirancang oleh negara anggota ASEAN pada tahun 2007. Beberapa kriteria untuk menjadi hotel ramah lingkungan antara lain pemanfaatan dan penggunaan green products, kerjasama dengan masyarakat dan organisasi lokal, efisiensi energi dan air, kebijakan lingkungan dan aktivitas pengoperasian hotel, dan menajemen kualitas air.


Dengan acara ini, tujuan yang akan dicapai adalah meningkatkan daya saing industri hotel dalam meraih peningkatan jumlah tamu, meningkatkan kepedulian lingkungan di tengah iklim pemanasan global untuk pelaku industri perhotelan, meningkatkan kualitas layanan seluruh hotel di kawasan ASEAN demi mendukung ASEAN sebagai satu tujuan wisata.


Selain 10 hotel dari Indonesia, ada 71 hotel lain di kawasan ASEAN yang meraih predikat serupa. Mereka berasal dari Brunei Darussalam (1 hotel), Kamboja (10 hotel), Laos (8 hotel), Malaysia (10 hotel), Myanmar (10 hotel), Filipina (2 hotel), Singapura (10 hotel), Thailand (10 hotel) dan Vietnam (10 hotel).

No comments:

Post a Comment